BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013
- Permendikbud Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan,
- Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses,
- Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian,
- Permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SD-MI,
- Permendikbud Nomor 68 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMP-MTs,
- Permendikbud Nomor 69 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA-MA,
- Permendikbud Nomor 70 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK,
- Permendikbud Nomor 71 tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran
- Permendikbud Nomor 64 tahun 2013 tentang_Standar Isi
Pelaksanaan SI-SKL Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No
24 Tahun 2006 menetapkan tentang pelaksanaan standar isi dan standar
kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan
pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam
menentukan kelulusan peserta didik.
Standar Kompetensi Lulusan tersebut meliputi
standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah,
standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar
kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia No
23 Tahun 2006 menetapkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Permen ini meliputi:
1.
SKL_PENDIDIKAN_MATA PELAJARAN DAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
2.
SKL_MATA PELAJARAN SEKOLAH
DASAR
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
SEKOLAH DASAR (SD)/
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
1.Menyebutkan,
menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai
surat Al-Fa
tihah
sampai surat Al-‘Alaq
2.Mengenal
dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada
Qadha dan Qadar
3.Berperilaku
terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4.Mengenal
dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta
mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5.Menceritakan
kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan
kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
1.Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
2.Memahami
dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3.Memahami
kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4.Memahami
hidup tertib dan gotong royong
5.Menampilkan
sikap cinta lingkungan dan demokratis
6.Menampilkan
perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan
sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila
8.Memahami
makna keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan kepatuhan terhadap
undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai
keputusan bersama
9.Memahami
dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10.Memahami
hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
1.Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentukperintah,penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman,
berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra
berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2.Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam kegiatan perkenalan, tegursapa,percakapan sederhana, wawancara,
percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar,
memberi petunjuk, deklamasi,cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi
buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan
puisi
3.Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks
panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun,
percakapan, cerita, dan drama
4.Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatanmenulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk ka
rangan
sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan,
ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita,
puisi, dan pantun
1.Memahami
konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2.Memahami
bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3.Memahami
konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu,
kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari
4.Memahami
konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan
menggunakannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
5.Memahami
konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik
(diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
6.Memiliki
sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7.Memiliki
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
1.Melakukan
pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil
pengamatannya
secara lisan dan tertulis
2.Memahami
penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat
hewan
dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup
dengan lingkungannya
3.Memahami
bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan
perubahan pada makhluk hidup
4.Memahami
beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan
kegunaannya
5.Memahami
berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6.Memahami
matahari sebagai pusat tatasurya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan
hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
1.Memahami
identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling
menghormati
dalam kemajemukan keluarga
2.Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja
sama di antara keduanya
3.Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
4.Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
5.Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
6.Menghargai
peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan
mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
7.Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta
benua-benua
8.Mengenal
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta
dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
9.Memahami
peranan Indonesia di era global
1.Mengapresiasi
dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar
ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
2.Mengapresiasi
dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief
dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
3.Mengapresiasi
dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias
melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya
serta motif hias dengan teknik batik
4.Mengapresiasi
dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara dengan motif hias
melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
5.Mengapresiasi
dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda
kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat
1.Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui
berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah
setempat
2.Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan
terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
3.Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan
Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
1.Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan
gerak,busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2.Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan
gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara
3.Mengapresiasi
dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik Nusantara
1.Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
2.Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan
makrame
3.Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
4.Mengapresiasi
dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan
1.Mempraktekkan
gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai
dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2.Mempraktekkan
gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
3.Mempraktekkan
gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4.Mempraktekkan
gerak dasar renang dalam berbagai gayaserta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
5.Mempraktekkan
latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan
serta koordinasi otot
6.Mempraktekkan
berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar
sekolah seperti perkemahan, piknik, dan lain-lain
7.Memahami
budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal
makanan sehat,mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan
diri dari narkoba
1.Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara
lisan dalam konteks kelas,sekolah, dan lingkungan sekitar
2.Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional
sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas,
sekolah, dan lingkungan sekitar
3.Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional
pendek, dan teks deskriptifbergambar sangat sederhana yang disampaikan secara
tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
4.Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teksfungsional pendek sangat sederhana dengan
ejaan dan tanda baca yang tepa
No comments:
Post a Comment