NOMOR 23 TAHUN 2006
TANGGAL 23 MEI 2006
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN (SKL)
A. STANDAR KOMPETENSILULUSAN SATUAN PENDIDIKAN
(SKL-SP)
Standar
Kompetensi Lulusan SatuanPendidikan (SKL-SP) meliputi:
1.SD/MI/SDLB/Paket A;
2.SMP/MTs./SMPLB/Paket B;
Standar
Kompetensi Lulusan SatuanPendidikan (SKL-SP)dikembangkan
berdasarkan
tujuan setiap satuan pendidikan, yakni:
1.Pendidikan Dasar, yang meliputi
SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan: Meletakkan dasar
kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menjalankan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
2.Mengenal kekurangan dan kelebihan
diri sendiri
3.Mematuhi aturan-aturan sosialyang
berlaku dalam lingkungannya
4.Menghargai keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
5.Menggunakan informasi tentang
lingkungansekitar secara logis, kritis,
dan kreatif
6.Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, dan kreatif, dengan
bimbingan guru/pendidik
7.Menunjukkan rasa keingintahuan
yang tinggi dan menyadarpotensinya
masyarakat
9..Menghargai adanya perbedaan
pendapat
dan berempati terhadap orang lain
10.Menunjukkan keterampilan membaca dan
menulis naskah secara
sistematis dan estetis
11.Menunjukkan keterampilan
menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
12.Menguasai kompetensi program
keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun
untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
B.STANDAR KOMPETENSIKELOMPOK
MATA PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
(SK-KMP) terdiri atas
kelompok-kelompok mata pelajaran:
1.Agama dan Akhlak Mulia;
2.Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.Estetika;
5.Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan
tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran,
yakni:
1.Kelompok mata pelajaran Agama dan
Akhlak Mulia bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak
mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau
kegiatan agama, kewarganegaraan,
kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi,
estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2.Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan
dan Kepribadian bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang
memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan
budaya, dan pendidikan jasmani.
3.Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan
berpikir dan analisis peserta didik.
Pada satuan pendidikan
SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa,
matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan,
dan muatan lokal yang relevan,
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa,
matematika, ilmu pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial,
keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi, serta
muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan
SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa,
matematika,
ilmu pengetahuan alam, ilmu
pengetahuan sosial, ketera
mpilan/kejuruan, teknologi informasi
dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan Pada satuan pendidikan SMK/MAK,
tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matema
tika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan
sosial, keterampilan,
kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi,
serta muatan lokal yang relevan
4.Kelompok mata pelajaran Estetika
bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa
seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5.Kelompok mata pelajaran Jasmani,
OlahRaga, dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta didik agar sehat
jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan
kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok
Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya
adalah sebagai berikut:
1. Agama dan Akhlak Mulia
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menjalankan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap
perkembangan anak
2.Menunjukkan sikap jujur dan adil
3.Mengenal keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.Berkomunikasi secara santun yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5.Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang sesuai
dengan tuntunan agamanya
6.Menunjukkan kecintaan dan
kepedulian terhadap sesama manusia dan
lingkungan sebagai makhluk ciptaan
Tuhan
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Mengamalkan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2.Menerapkan nilai-nilai kejujuran
dan keadilan
4.Berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun yang
mencerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
5.Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar,
aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6.Memanfaatkan lingkungan sebagai
makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
7.Menghargai perbedaan pendapat dalam
menjalankan ajaran agama
2.Kewarganegaraan dan Kepribadian
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menunjukkan kecintaan dan
kebanggaanterhadap bangsa, negara, dan
tanah air Indonesia
2.Mematuhi aturan-aturan sosialyang
berlaku dalam lingkungannya
3.Menghargai keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.Menunjukkan kecintaan dan
kepedulian terhadap lingkungan
5.Mengenal kekurangan dan kelebihan
diri sendiri
6.Menunjukkan rasa keingintahuan
yang tinggi dan menyadari potensinya
7.Berkomunikasi secara santun
8.Menunjukkan kegemaran membaca
9.Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
10.Bekerja sama dalam kelompok,
tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluargadan teman
sebaya
11.Menunjukkan kemampuan
mengekspresikan diri melalui kegiatan
seni dan budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara demi terwujudnya persatuan
dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
2.Mematuhi aturan-aturan sosial,
hukum dan perundangan
3.Menghargai keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
4.Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
5.Memahami kekurangan dan kelebihan
diri sendiri
6.Berkomunikasi dan berinteraksisecara
efektif dan santun
7.Menunjukkan sikap percaya diri
8.Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
9.Menunjukkan kemampuan belajar
secara mandiri sesuai denganpotensi
yang dimilikinya
10.Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki
kemampuan untuk berkarya
11.Menunjukkan kebiasaanhidup
bersih, sehat, bugar, dan aman dalam
kehidupan sehari-hari
12.Memahami hak dan kewajiban diri
dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
13.Menghargai adanya perbedaan
pendapat
14.Menghargai karya seni dan budaya
nasional Indonesia
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Mengenal
dan menggunakan berbagaiinformasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan
kreatif
2.Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, dan kreatif dengan
bimbingan guru/pendidik
3.Menunjukkan rasa keingintahuan
yang tinggi
4.Menunjukkan kemampuan memecahkan
masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
5.Menunjukkan kemampuan mengenali gejalaalam
dan sosial di lingkungan sekitar
6.Menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
7.Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Mencari dan menerapkan informasi secara
logis, kritis, dan kreatif
2.Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, dan kreatif
3.Menunjukkan kemampuan belajar
secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
4.Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
5.Mendeskripsi gejala alam dan
sosial
6.Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
7.Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki
kemampuan untuk berkarya
8.Menerapkan hidup bersih, sehat
bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
9.Memiliki keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
10.Menguasai pengetahuan yang diperlukan
untuk mengikuti pendidikan
menengah
4. Estetika
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menunjukkan kemampuan untuk
melakukan kegiatan seni dan budaya
lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Memanfaatkan lingkungan untuk
kegiatan apresiasi seni
2.Menghargai karya seni, budaya, dan
keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal
3.Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis karya seni
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.Memanfaatkan lingkungan untuk
kegiat
an apresiasi dan kreasi seni
2.Menunjukkan apresiasi terhadap
karya seni
3.Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis karya seni
4.Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
2.Mengenal berbagai informasi
tentang potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, bugar,
aman dan memanfaatkan waktu
luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan
lingkungan secara
bertanggung jawab
2.Mencari dan menerapkan berbagai
informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
No comments:
Post a Comment