Thursday, 13 November 2014

PERMEN DIKNAS NO 23 TAHUN 2006



LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 23 TAHUN 2006 TANGGAL 23 MEI 2006

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

A. STANDAR KOMPETENSILULUSAN SATUAN PENDIDIKAN (SKL-SP)

Standar Kompetensi Lulusan SatuanPendidikan (SKL-SP) meliputi:

1.SD/MI/SDLB/Paket A;
2.SMP/MTs./SMPLB/Paket B;

Standar Kompetensi Lulusan SatuanPendidikan (SKL-SP)dikembangkan
berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni:

1.Pendidikan Dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan: Meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak

2.Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.Mematuhi aturan-aturan sosialyang berlaku dalam lingkungannya
4.Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
5.Menggunakan informasi tentang lingkungansekitar secara logis, kritis,
dan kreatif
6.Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan
bimbingan guru/pendidik
7.Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadarpotensinya
8.Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat

9..Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
10.Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara
sistematis dan estetis
11.Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
12.Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya

B.STANDAR KOMPETENSIKELOMPOK MATA PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas
kelompok-kelompok mata pelajaran:

1.Agama dan Akhlak Mulia;
2.Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.Estetika;

5.Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:

1.Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan,
kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2.Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
3.Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik.
Pada satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan,
6Pada satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/Paket B, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika,
ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ketera
mpilan/kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan Pada satuan pendidikan SMK/MAK, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matema
tika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan,
kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
4.Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5.Kelompok mata pelajaran Jasmani, OlahRaga, dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Agama dan Akhlak Mulia
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan anak
2.Menunjukkan sikap jujur dan adil
3.Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5.Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6.Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan
lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan

SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2.Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan
3.Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
4.Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5.Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6.Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
7.Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama

2.Kewarganegaraan dan Kepribadian
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menunjukkan kecintaan dan kebanggaanterhadap bangsa, negara, dan
tanah air Indonesia
2.Mematuhi aturan-aturan sosialyang berlaku dalam lingkungannya
3.Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
5.Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6.Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
7.Berkomunikasi secara santun
8.Menunjukkan kegemaran membaca
9.Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
10.Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluargadan teman sebaya
11.Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan

seni dan budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
2.Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
3.Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
4.Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
5.Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6.Berkomunikasi dan berinteraksisecara efektif dan santun
7.Menunjukkan sikap percaya diri
8.Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
9.Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai denganpotensi
yang dimilikinya
10.Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
11.Menunjukkan kebiasaanhidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam
kehidupan sehari-hari
12.Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
13.Menghargai adanya perbedaan pendapat
14.Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia


SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Mengenal dan menggunakan berbagaiinformasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
2.Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan
bimbingan guru/pendidik
3.Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
4.Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
5.Menunjukkan kemampuan mengenali gejalaalam dan sosial di lingkungan sekitar
6.Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
7.Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang

SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif
2.Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
4.Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
5.Mendeskripsi gejala alam dan sosial
6.Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
7.Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
8.Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
9.Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
10.Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan
menengah

4. Estetika

SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya
lokal

SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni
2.Menghargai karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal
3.Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni

SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.Memanfaatkan lingkungan untuk kegiat
an apresiasi dan kreasi seni
2.Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3.Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
4.Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
2.Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu
luang

SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
2.Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang



No comments:

Post a Comment