![]() |
Add caption |
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbMP8CejwljMhF0pJKyRaQ6NKFW8bBkqNxPkDtrSL00NjeQGjufCrIAX5vPH-Eta_14bK7jNlklJqyIBEq-5n23M4kiWwsdy_YbXP1-8aIXBrz2sx3J823xhdcpfIXySmJB-YYkOsfeenH/s1600/14.jpg)
![]() |
Add caption |
BAB I
PENDAHULUAN
- Sejarah Sekolah/Latar Belakang Sekolah
Sekolah
Dasar Pameungpeuk didirikan pada tahun 1912 terdiri dari tiga ruangan kelas yaitu peninggalan pemerintah
Hindia-Belanda dengan lantai ubin, dinding bilik bambu, rangka bangunan kayu raksamala,
pintu dan jendela terbuat dari jati dengan ukuran kelas masing-masing 36m2,
dengan nama Vervoleg School (Sekolah Rakyat) sekarang Sekolag Dasar. Kemudian
dibangun lagi tahun 1981 4 ruangan, tahun 1989 dibangun 3 ruangansehinggamenjadi 10 ruangan kelas.
Nama
Sekolah :
SDN Pameungpeuk
Status
Sekolah :
Negeri / RSSN
Yang pertama dengan NSB :
Yang kedua dengan NSB :
Luas tanah : 1.714 m2
Luas bangunan : 451 m2
Rehab terakhir pada tahun :
2014
NSS : 101020802029
NSB : 0092931203006601
NPSN : 20205401
NPSN : 20205401
Alamat :
Jl. Pasirhalang No.28
Ds. Pasirhalang Kec. Cisarua
Kabupaten : Bandung
Barat
Propinsi : Jawa Barat
Riwayat kepala
sekolah yang pernah bertugas :
- … bertugas dari tahun 1912-1922
- … bertugas dari tahun 1922-1948
- Nata Dana Sasmita bertugas sampai tahun 1948-1951
- Ewo bertugas dari tahun 1951-1954
- Atma Wijaya bertugas dari tahun 1954-1965
- Adjid Sumantadinata bertugas dari tahun 1965-1967
- Sutarya Hidayat bertugas dari tahun 1967-1976
- Mimin Sumarni bertugas dari tahun 1976-1994
- Drs. D. Rudiatna bertugas dari tahun 1994- 2011
11. Lalah Rumilah,S Pd bertugas dari tahun 2012 -2014
12. E.Suhendra,S Pd bertugas dari tahun 2014 - sekarang
12. E.Suhendra,S Pd bertugas dari tahun 2014 - sekarang
- Visi
Kami sepakat untuk lima tahun ke depan
mempunyai visi sekolah “Mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT,
berbudi luhur, berakhlak mulia, terampil dan mandiri.”
C. Misi
Kami juga mengemban misi :
1.
Memberikan
pelayanan pendidikan agama secara maksimal sesuai dengan usia anak
2.
Membiasakan siswa
hidup bersih dan sehat
3.
Menanamkan
kedisiplinan di sekolah dan di rumah
4.
Bertingkah laku
sopan terhadap sesama siswa dan guru.
5.
Berkepribadian
terpuji
- Strategi
1.
Penataan
struktur organisasi sekolah
2.
Peningkatan
prestasi hasil belajar siswa
3.
Meningkatkan
profesionalisme tenaga pendidik dalam rangka peningkatan sumber daya manusia
4.
Meningkatkan
hubungan kerja sama antara sekolah, masyarakat dan stick holder lainnya melalui
komite sekolah.
E. Tujuan
Sekolah bertujuan menjadikan siswa mandiri,
beriman, bertakwa dan berprestasi setelah lulus dari SD Negeri Pameungpeuk.
- Sasaran
Meningkatkan kualitas SDM di Desa Pasirhalang
khususnya, dan di Kecamatan Cisarua pada umumnya. Anak yang berusia tujuh
sampai dengan dua belas tahun, wajib memperoleh pendidikan dasar, baik yang
mampu, yang kurang mampu, maupun yang tidak mampu.
BAB II
ANALISIS SWOT
- Sumber Daya Manusia
1. Tenaga Pendidik dan Pengajar
Ø
Kekuatan
Daftar tenaga pengajar
No
|
Nama
|
NIP
|
Tanggal Lahir
|
Jabatan |
1
|
E.Suhendra, S.Pd
|
196501211986101003
|
21-01-1965 |
Kepala Sekolah
|
2
|
Ato Sukendar,S Pd
|
131 169 050
|
13-11-1963
|
Guru Kelas
|
3
|
Lilis Ratningsih,S Pd
|
131 312 240
|
21-05-1965
|
Guru Kelas
|
4
|
Dedeh Sumardiah,S Pd
|
Guru Kelas
|
||
5
|
Gunawan,S Pd | 131 508 922 | 03-10-1965 |
Guru Penjas
|
6
|
A.Supriatna,S Pd I
|
196502211988031005
|
20-02-1965
|
Guru Kelas
|
7
|
Eulis Solihat,S Pd
|
131 724 246
|
02-09-1963
|
GuruPenjas
|
8
|
Neni Puspa Anggraeni
|
Guru Kelas
|
||
9
|
Lisda Dewiningsih,
|
480 120 965
|
21-08-1970
|
Guru Kelas
|
10
|
Jasara
|
GuruKelas
|
||
11
|
Nani Yuningsih
|
Guru Kelas
|
||
12
|
N. Maesyaroh,S Ag |
GuruP A I
|
||
13
|
Yeyen Jazirah,S Pd |
Guru B Inggris
|
||
14
|
Ai Rukmini,S PdI
|
|||
15
|
Devy Indriyati,S Pd |
-
|
Guru Kelas
|
|
16
|
Nurahma Hesti K |
-
|
||
17
|
Reni Nuraeni,S Pd |
-
|
Guru Kelas
|
|
18
|
Risty Aulia Ulfah,S Pd |
-
|
Guru Kelas
|
|
19
|
Santana Miharja
|
-
|
Tenaga Tata Usaha
|
Pendidikan Tenaga Pengajar
Ijazah
Tertinggi
|
Jumlah
|
|||
Guru
Tetap
|
Guru
Tidak Tetap
|
Tenaga
Tata Usaha
|
Penjaga
Sekolah
|
|
S3/S2
|
1
|
-
|
-
|
-
|
S1
|
9
|
3
|
-
|
-
|
D3/D2/D1
|
2
|
1
|
-
|
-
|
SLTA
|
-
|
-
|
1
|
-
|
SLTP
|
-
|
-
|
-
|
-
|
SD
|
-
|
-
|
-
|
1
|
JUMLAH
|
13
|
4
|
1
|
1
|
Ø
Kelemahan
1.
Latar
belakang pendidikan tenaga pendik masih ada yang lulusan D2.
2.
Ada empat orang guru yang yang masih tenaga honr
sekolah.
3.
Jumlah rombongan belajar tidak sesuai dengan jumlah tenaga pengajar.
4.
Masih kurang guru yang definitif sebanyak tiga orang.
5.
Tenaga administrasi masih honor sekolah.
Ø
Ancaman
Pendidik dan tenaga
ependidikan yang masih honorer
sewaktu-waktu bisa saja mengundurkan diri atau pindah, sehingga sekolah ini otomatis akan kekurangan
guru, maupun
tenaga kependidikan yang lainnya sedangkan
kapasitas murid, dan intensitas pelayanan semakin banyak.
Ø
Peluang
Guru bisa mengajar dengan tenang, apabila guru honor diangkat menjadi PNS di tempat dia mengajar. Guru mencukupi untuk tiap kelas, namun untuk pengembangan mata pelajaran muatan lokal, pengembangan bakat dan minat siswa sangat memerlukan guru tertama guru kesenian.
2. Siswa
Ø
Kekuatan
Kondisi Siswa
Tahun
Kelas
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
||||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
|
1
|
46
|
41
|
87
|
52
|
43
|
95
|
53
|
46
|
99
|
39
|
47
|
86
|
2
|
66
|
39
|
105
|
40
|
37
|
77
|
49
|
39
|
88
|
50
|
47
|
97
|
3
|
44
|
33
|
77
|
46
|
38
|
84
|
35
|
36
|
71
|
47
|
37
|
84
|
4
|
36
|
32
|
68
|
58
|
41
|
99
|
44
|
36
|
80
|
32
|
37
|
69
|
5
|
37
|
45
|
82
|
34
|
32
|
66
|
56
|
43
|
99
|
45
|
38
|
83
|
6
|
37
|
34
|
71
|
36
|
32
|
68
|
34
|
31
|
65
|
52
|
44
|
96
|
Jumlah
|
266
|
224
|
490
|
266
|
223
|
489
|
271
|
231
|
502
|
265
|
250
|
515
|
Jumlah Kelas
|
15 Kelas
|
P = Pria, W
= Wanita
Prestasi Hasil UAN/Ujian Akhir
Tahun
|
Matematika
|
B.Indonesia
|
IPA
|
IPS
|
PPKN
|
Rata-Rata
|
2011/2012
|
6,95
|
6,89
|
7,23
|
6,82
|
7,54
|
7,08
|
2012/2013
|
7,10
|
7,00
|
6,60
|
6,40
|
7,50
|
6,92
|
2013/2014
|
7,25
|
7,20
|
6,75
|
6,50
|
7,75
|
7,09
|
2014/2015
|
7,21
|
7,87
|
6,71
|
6,68
|
6.60
|
7,00
|
Angka Mengulang Kelas
Kelas
Tahun
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Jumlah
|
2011/2012
|
9
|
7
|
1
|
3
|
-
|
-
|
20
|
2012/2013
|
9
|
9
|
5
|
-
|
-
|
1
|
24
|
2013/2014
|
7
|
7
|
6
|
-
|
-
|
-
|
20
|
2014/2015
|
4
|
4
|
3
|
-
|
-
|
-
|
11
|
Ø
Kelemahan
Latar belakang orang tua siswa berpenghasilan
rendah, kebanyakan buruh tani, tidak mempunyai lahan sendiri, buruh tukang
musiman, pegawai pabrik terancam PHK.
Ø
Ancaman
1.
Siswa
terancam putus sekolah, dan memilih membantu orang tua mencari nafkah, menjadi
buruh tani daripada siswa yang meneruskan sekolah ke SMP atau sederajat sekitar
70%
2.
Guru
cenderung susah mendidik siswa Karena jumlahnya terlalu banyak di setiap kelas.
Ø
Peluang
Akan lebih banyak menampung siswa bila ada
peningkatan dalam proses belajar mengajar dan pengadaan sarana serta prasarana
lebih lengkap, karena siswa SDN Pameungpeuk yang ada sekarang ini cukup banyak.
- Sarana Prasarana
1.
Bangunan
Ø
Kekuatan
ruang
|
jumlah
|
ruaNg
|
jumlah
|
Kelas
|
12
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
Laboratorium
|
-
|
Ruang Guru
|
1
|
Perpustakaan
|
-
|
Ruang Tata
Usaha
|
1
|
Ruang UKS
|
-
|
Ruang
Pramuka
|
-
|
WC murid
|
5
|
WC guru
|
2
|
Gudang
|
1
|
Sekolah ini mempunyai tiga bangunan kelas, terdiri
dari sepuluh lokal dan 15 rombongan belajar sehingga kelas
1 dan kelas 2 bergiliran.
Ø
Kelemahan
Ruang kelas, tiga lokal perlu di rehabilitasi
karena atapnya sudah rapuh. Walaupun begitu sekolah dan komite sekolah berusaha
memperbaiki yang sudah rapuh dengan menggunakan dana dari pemerintah yaitu dana
BOS (Bantuan Operasional Sekolah) atau meminta bantuan alumni. Kami tidak
mempunyai ruangan UKS, Pramuka, Perpustakaan sehingga untuk kegiatan siswa
sehari-hari siswa menggunakan runagan rumah dinas kepala sekolah.
Ø
Ancaman
Kalau terjadi hujan lebat atau angin besar,
kemungkinan bangunan lama tidak bisa digunakan untuk KBM dan akan menggangu
instalasi listrik. Disebelah barat dan disebelah utara belum dibangun benteng
untuk menjaga kemanan sekolah.
Ø
Peluang
Kami mengajukan proposal bantuan dana rehab dari
pemerintah terkait, baik tingkat pusat maupun daerah. Dan memohon kepedulian
dari masyarakat yang mampu khususnya alumni untuk membangun benteng dan
memperbaiki bangunan peninggalan sejarah.
2. Mebeler
Ø
Kekuatan
Mebeler belum mencukupi karena meja belajar
dan bangku untuk satu kelas banyak kondisi yang rusak, dengan rincian :
Nama Barang
|
Baik
|
Sedang
|
Rusak
|
Jumlah
|
Bangku murid
|
100
|
90
|
160
|
350
|
Meja murid
|
60
|
25
|
90
|
175
|
Lemari
|
1
|
1
|
10
|
12
|
Meja guru
|
2
|
11
|
-
|
10
|
Kursi guru
|
2
|
6
|
-
|
8
|
Papan tulis
|
10
|
5
|
-
|
15
|
Kursi tamu
|
1
|
1
|
-
|
2
|
Rak
|
-
|
2
|
-
|
2
|
Loker
|
1
|
1
|
-
|
2
|
Komputer
|
4
|
-
|
1
|
5
|
Mesin Tik
|
-
|
1
|
-
|
1
|
Dispenser
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Ø
Kelemahan
Kami tidak memiliki meja guru, lemari kelas,
kursi guru, meja tamu yang memadai.
Ø
Ancaman
Sekolah
sulit untuk merapihkan barang-barang bekas secara teratur sehingga kurang
tertata rapi Karena gudang sangat sempit.
Ø
Peluang
Siswa merasa nyaman dan senang dalam
belajar apabila kondisi meja dan bangku dalam kondisi baik, sehingga prestasi
siswa bisa lebih meningkat.
3. Kurikulum/Buku-Buku Sumber
Ø
Kekuatan
Kelas
|
Jumlah Buku
|
|||
Teks
|
Penunjang
|
Bacaan
|
Lain-lain
|
|
1
|
182
|
8
|
370
|
25
|
2
|
174
|
8
|
370
|
25
|
3
|
160
|
8
|
150
|
25
|
4
|
160
|
8
|
150
|
25
|
5
|
160
|
8
|
100
|
25
|
6
|
160
|
8
|
100
|
25
|
Total
|
996
|
48
|
1240
|
150
|
Alat Peraga
No
|
Jenis Alat
|
Unit
|
Jumlah
|
No
|
Jenis Alat
|
Unit
|
Jumlah
|
1
|
Kit IPA
|
Set
|
2
|
7
|
Peta Dinding Indonesia
|
Lbr
|
2
|
2
|
IPS
|
Set
|
1
|
8
|
Peta Dinding Propinsi
|
Lbr
|
-
|
3
|
Bahasa
|
Set
|
1
|
9
|
Peta Dinding Kab/Kota
|
Lbr
|
-
|
4
|
Matematika
|
Set
|
2
|
10
|
Alat Olahraga
|
Set
|
2
|
5
|
Peta Anatomi
|
Set
|
-
|
11
|
Alat Kertakes
|
Buah
|
2
|
6
|
Torso Manusia
|
Unit
|
2
|
12
|
Alat Pramuka
|
Set
|
2
|
Bahan-bahan ajar selalu diusahakan mengikuti
perkembangan pendidikan. Walaupun kurikulum berubah-ubah, kami selalu
menganggarkan untuk membeli buku bahan ajaran yang sesuai dengan kurikulum yang
telah ditetapkan oleh pemerintah, minimal untuk pegangan guru maksimal untuk
pegangan semua murid.
Ø
Kelemahan
Karena kurikulum selalu berubah-ubah, maka
kami harus selalu membeli buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru,
walaupun kami sudah memiliki buku pelajaran pokok untuk siswa. Sumbangan dari
pemerintah, harus kami sesuaikan dengan kurikulum, dengan cara difotocopy
sendiri oleh sekolah.
Ø
Ancaman
Dalam pelaksanaan KBM kurang maksimal karena
alat peraga yang digunakan sudah tidak bisa dipergunakan dengan maksimal.
Begitu juga buku pelajaran pokok harus selalu disesuaikan dengan kurikulum yang
baru. Selain itu, siswa yang tidak mampu membeli/memfotokopi akan menurun
prestasinya.
Ø
Peluang
Sekolah saat ini sedang mengajukan bantuan
sarana dan prasarana untuk lebih meningkatkan prestasi sekolah, memberikan
bantuan alat tulis kepada siswa yang tidak mampu.
- Finansial
Ø
Kekuatan
Latar Belakang Status Orang Tua Siswa
Jumlah
|
Pegawai Negeri/Polri
|
TNI
|
Karyawan Swasta
|
Petani
|
Pedagang Swasta
|
Wiraswasta
|
Lain-Lain
|
(%)
|
5,65
|
2
|
9,64
|
20
|
13,20
|
19,18
|
31,33
|
Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Siswa
Jumlah
|
Tidak Sekolah
|
sd
|
sltp
|
slta
|
Perguruan Tinggi
|
Tidak Tahu
|
(%)
|
3,20
|
74,2
|
16,5
|
6,8
|
0,5
|
-
|
Kondisi Pendapatan Orang Tua Siswa per bulan
Jumlah
|
< Rp. 200.000
|
Rp. 200.000 – Rp. 400.000
|
Rp. 400.000 – Rp. 600.000
|
Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000
|
Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000
|
> Rp. 1.500.000
|
(%)
|
50,32
|
35,20
|
5,20
|
4,02
|
2,06
|
3,20
|
Sekolah kami mengunakan dana dari pemerintah,
dan kami limpahkan pada RAPBS. Untuk tahun 2008-2009 kami membutuhkan kurang
lebih Rp. 500.895.600,- yang diperoleh dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS),
dan anggaran rutin pemerintah. Rinciannya adalah dari Bantuan Operasional
Sekolah (BOS) sebesar Rp. 231.786.000,- dan dari anggaran rutin Rp. 453.267.600,-.
Ø
Kelemahan
Sumbangan dari PKPS BBM disebut Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) belum tentu untuk selamanya, mungkin saja terhenti.
Kalau terjadi demikian kami harus memungut dari orang tua siswa yang hanya
masuk 70%, sehingga keberhasilan KBM belum tentu maksimal.
Ø
Ancaman
Kalau dari BOS terhenti, tentu sekolah akan
kekurangan dana. Kami tidak bisa mengikuti kegiatan-kegiatan siswa di luar
lingkungan sekolah yang banyak mengeluarkan biaya, contohnya : Kegiatan
Pramuka, lomba-lomba kependidikan, pelatihan/penataran untuk peningkatan
profesionalisme guru, dan lain sebagainya, sedangkan orang tua siswa
berpendapat bahwa menyekolahkan anak gratis.
Ø
Peluang
Kami pihak sekolah dan komite sekolah akan
mengadakan musyawarah kembali untuk anggaran biaya yang dibutuhkan untuk
kegiatan belajar mengajar dan perbaikan atau pengadaan sarana prasarana
pendidikan.
- Organisasi
Ø
Kekuatan
Kami selalu
mengadakan musyawarah dengan orang tua siswa tentang keberhasilan KBM, dan
kegiatan belajar mengajar dibantu oleh komite sekolah yang lebih dekat dengan
masyarakat sekitar sekolah untuk memberi masukan kepada orang tua agar anaknya
mengikuti ekstrakurikuler maupun kursus-kursus kependidikan lainnya untuk
kemajuan siswa.
Ø
Kelemahan
Kalau komite sekolah kurang aktif mengajak
orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak dan sekolah, visi dan misi sekolah
sulit untuk terlaksana dan tercapainya tujuan KBM yang efektif dan efisien.
Ø
Ancaman
Siswa akan mengalami penurunan prestasi,
karena orang tua kurang peduli terhadap pendidikan anaknya. Kalau komite
sekolah dan masyarakat sudah tidak peduli kepada pendidikan, jumlah siswa baru
akan menurun, karena melihat sekolahnya kurang berhasil dalam prestasi dan
kondisi sarana dan prasarana pendidikan kurang menunjang.
Ø
Peluang
Siswa bisa
bergaul dengan semua lapisan masyarakat. Setelah lulus dari SDN Pameungpeuk,
siswa diterima di sekolah lanjutan negeri maupun swasta, pondok pesantren,
kursus dan lainm lain.
- Lingkungan
Ø
Kekuatan
Lingkungan sekolah kami sesuai dan cukup menunjang
bagi siswa untuk belajar dan ada di lingkungan pemukiman masyarakat, terjangkau
oleh transportasi karena ada di pinggir jalan raya dan memakai pintu gerbang.
Ø
Kelemahan
Masih ada orang tua siswa atau masyarakat
yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Contohnya menyimpan
barang-barang di depan sekolah dan makanan ternak di depan sekolah, sehingga
menimbulkan polusi udara ke dalam lingkungan sekolah, belum lagi banyak sampah
yang berserakan.
Ø
Ancaman
Siswa enggan belajar karena udara di sekitar
kelas tidak menyegarkan dan kurang kondusif bagi kenyamanan belajar siswa,
keamanan siswa sangat rawan kecelakaan karena sekolah berada di pinggir jalan
raya.
Ø
Peluang
Sekolah mudah komunikasi dengan masyarakat
sekitar, sehingga diupayakan untuk tidak terjadi lagi polusi udara di sekitar
sekolah dan sampah yang berserakan dan semua puhak yang terkait dalam
pendidikan diharapkan dapat menjaga keamanan sekolah.
BAB III
RENCANA STRATEGI (RENSTRA)
- SDM
Ø
Kepala sekolah
Berusaha menambah ilmu salah satunya dengan
cara mengikuti penataran-penataran, seminar dan menempuh pendidikan yang lebih
tinggi.
Ø
Guru
Berusaha menambah ilmu pengetahuannya untuk
meningkatkan kualitas KBM, dengan cara mengikuti pendidikan yang lebih tinggi,
mengikuti penataran-penataran, pertemuan KKG di PKG, dan membaca buku-buku
penunjang yang sangat berguna, dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia
khususnya profesionalisme keguruan.
Ø
Siswa
Agar prestasi siswa meningkat, setiap upacara
hari senin selalu diingatkan oleh kepala sekolah dan guru-guru untuk lebih giat
belajar, juga dianjurkan untuk mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat, kursus-kursus
yang sesuai dengan kurikulum untuk menunjang prestasi siswa terutama
pengembangan bakat dan dan minat siswa.
- Sarana Prasarana
1.
Berusaha
mencari dana dari pihak lain, misalnya minta bantuan kepada perusahaan yang
sudah maju. Contohnya ke PT. Bio Farma yang sangat peduli pada pendidikan, PT
Telkom.
2.
Kepala
sekolah dan komite sekolah mengajukan anggaran kepada pemerintah untuk
mengganti atau merehab sarana dan prasarana yang kurang memadai.
3. Mengajukan
proposal rehab ruangan, rehab berat tambahan lokal kepada pemerintah daerah dan
pusat..
4.
Berkerja
sama dengan SMA 1 Cisarua berupa barang bangku dan meja belajar yang layak
pakai untuk di limpahkan ke SDN Pameungpeuk.
- Finansial
Kepala sekolah dan komite sekolah berusaha
bermusyawarah dengan orang tua siswa, untuk meningkatkan mutu pendidikan
misalnya, mengikuti Lomba-lomba pendidikan, Namun tentu saja pengeluaran sekolah akan
bertambah , tetapi anggarannya tetap dialokasikan dan kami tuangkan ke dalam
RAPBS yang dananya diperoleh dari BOS.
- Organisasi
Dalam
meningkatkan kualitas sekolah, kami akan mengadakan ekstra kurikurer, baik mata
pelajaran pokok, kesenian, olahraga, pramuka maupun pengembangan bakat dan
minat siswa.
- Lingkungan
Kepala sekolah dan komite sekolah akan
mengadakan musyawarah untuk menertibkan dan penataan lingkungan dengan cara
menanam bunga, penghijauan dan pengecatan bangunan, pagar dan benteng sekolah.
BAB IV
RENCANA IMPLEMENTASI
- SDM
Ø
Kepala sekolah
Kepala sekolah berusaha menambah wawasan
pengetahuan dengan mengikuti penataran-penataran, musyawarah tentang
kependidikan dan membaca buku-buku tentang Peningkatan Mutu Total (PMT).
Ø
Guru
Guru ditugaskan untuk mengikuti pertemuan KKG
di PKG tingkat kecamatan yang membahas berbagai kepentingan belajar mengajar di
sekolah, salah satu fungsinya adalah bagi guru yang masih kurang memahami
tentang KBK dan KTSP yang harus dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum
2004 dan Kurikulum 2006. Dan juga dianjurkan untuk membaca buku-buku penunjang,
baik yang disesuaikan oleh sekolah maupun di luar sekolah.
Ø
Siswa
Siswa dianjurkan untuk mengikuti kursus
Bahasa Inggris, mengikuti tambahan pelajaran bagi kelas enam untuk persiapan Ujian
Nasional, agar lulus ujian dan dapat meneruskan pendidikan ke tingkat yang
lebih tinggi, lulusan SDN Pameungpeuk setiap tahunnya 100 % dan yang diterima di SMP negeri sekitar 80%
sisanya di luar pendidikan non Formal seperti, Pondok Pesantren, dan lembaga
kursus. .
- Sarana Prasarana
Kepala Sekolah dan komite sekolah selalu
berupaya mengajukan proposal ke tingkat pusat dan daerah untuk rehab kelas,
yang sekarang kondisinya kurang baik diantaranya ada 5 kelas yang perlu
diperbaiki atau direhab dan menambah 2 lokal kelas baru dengan tujuan untuk
kelancaran KBM dan mencapai target Rombongan Belajar 12 kelas. Karena kondisi
sekarang kelas II KBM belum maksimal masih bergiliran dengan kelas I.
- Finansial
Dalam proses
KBM, kami sangat memerlukan dana, alhamdulillah mulai tahun ajaran
2005-2006 kami mendapat bantuan dari pemerintah melalui pengurangan PKPS BBM
dengan adanya BOS, kami dapat melaksanakan KBM dengan maksimal. Kami berharap
alokasi dana BOS untuk tahun ajaran selanjutnya bisa kami dapatkan kembali.
- Kegiatan
Setiap tahunnya
kami mengadakan dan mengikuti kegiatan, diantaranya :
1.
Mengikuti PERSAMI dalam rangka HUT PRAMUKA
2.
Mengikuti Lomba CALISTUNG
3.
Lomba PORSENI
4.
Lomba HUT PGRI
5.
Mengadakan Pekan Kreativitas Anak
6.
Mengadakan Pekan Olah Raga antar Kelas
7.
Mengadakan Pesantren Kilat bulan Ramadhan
8.
Memperingati Hari-hari Besar NAsional
9.
Memperingati Hari-hari Besar Keagamaan
10.
Mengadakan Karya Wisata.
E. Lingkungan
Di
lingkungan sekolah, siswa laki-laki diwajibkan mengikuti shalat jum’at dan
mencatat isi pembahasan dalam khutbah jum’at, siswa kelas 4-6 diwajibkan
membuat laporannya. Hari senin sampai dengan rabu, siswa kelas 4-6 melaksanakan
shalat duha secara bergantian. Pada hari sabtu setelah istirahat siswa yang
terpilih menjadi petugas upacara bendera, diwajibkan berlatih. Begitu juga
kelompok paduan suara harus berlatih. Kelas yang bukan petugas upacara,
mengadakan kegiatan operasi bersih (opsih) di lingkungan halaman sekolah dan
WC. Yang tidak punya tugas lain, siswa berlatih pramuka.
BAB V
PENUTUP
Demikianlah
profil Sekolah Dasar Negeri Pameungpeuk sebagai bahan acuan dan pedoman kami
dalam rangka menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan Kurikulum 2013 sebagai salah satu sistem dan teknik dalam
mencapai tujuan pembelajaran khususnya dan tujuan pendidikan nasional pada
umumnya. Kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat kami harapkan demi
kesempurnaan profil ini pada khususnya, dan meningkatkan kualitas pendidikan
pada umumnya.
Kepala Sekolah
E.Suhendra,S Pd
Kepala Sekolah
E.Suhendra,S Pd
No comments:
Post a Comment